Halaman

Isnin, 19 Jun 2017

JENIS DAN FUNGSI LOGAM

Logam adalah unsur yang jumlahnya paling banyak di bumi ini. Logam memiliki sifat dan kegunaannya masing-masing. Sampai saat ini, terdapat 65 logam yang terbentuk secara alami di bumi, namun hanya sedikit yang boleh dimanfaatkan dengan cara yang benar. Logam-logam yang dapat dimanfaatkan ini hanya mencapai 20 jenis, baik yang berdiri sendiri mahupun sebagai bahagian dari aloi( campuran dari dua buah logam atau lebih dengan zat lainnya). Aloi ini dibuat untuk menghasilkan logam yang memiliki sifat yang berbeza dari sebelumnya, agar dapat dimanfaatkan secara maksima.

Jika anda masih belum mengenali kepelbagaian jenis logam dan kegunaanya, mari perhatikan senarai di bawah ini yang terdiri dari 20 jenis logam alami dan ditambah dengan 5 jenis aloi yang paling sering kita jumpai.

1. Alumunium
Alumunium adalah logam dengan warna putih keperak-perakan yang memiliki sifat sangat ringan dan tahan terhadap korosi(karat). Logam ini berasal dari bijihnya, bauksit, dengan proses elektrolisis. Alumunium digunakan dalam kabel-kabel listrik lintas udara, pesawat terbang, kapal, kereta, tin minuman, dan foil dapur (pembungkus makanan).

2. Baja
Baja merupakan salah satu aloi yang sangat sering kita dengar dan kita jumpai namanya. Baja memiliki peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Kenapa demikian? Kerana Baja merupakan aloi besi dan karbon yang merupakan satu dari sedikit bahan terpenting dalam industri, seperti yang kita ketahui, bidang industri ini mempengaruhi dunia secara global. Baja memiliki sifat tahan karat, dan kegunaanya yang sangat penting adalah untuk bidang industri ruang angkasa.

3. Besi
Besi merupakan logam yang memiliki warna abu keputih-putihan. Logam ini dihasilkan terutama dari peleburan biji hematit dalam tanur sembur. Kegunaanya adalah diapakai untuk bangunan dan bidang teknik, juga dapat dimanfaatkan untuk membuat aloi baja.
Emas dan perak

4. Emas
Tentu anda semua sudah tidak asing lagi dengan logam yang satu ini. Unsur logam emas memiliki sifat yang lembut, dan memiliki warna kuning terang yang digunakan untuk perhiasan dan alat-alat elektronik. Tentunya emas tidak mudah didapati di pasaran, kerana memiliki harga yang sangat tinggi dan terus meningkat.



5. Kalium
Kalium adalah logam ringan dengan warna keperakkan, juga memiliki sifat sangat reaktif. Kalium digunakan dalam pupuk kimia dan untuk pembuatan kaca.

6. Kalsium
Logam ini berwarna putih keperak-perakan, sifatnya yang mudah dibentuk sesuai dengan tempat ditemukannya, yaitu di dalam batu kapur. Dalam makhluk hidup juga terdapat logam yang satu ini, salah satunya di tulang gigi hewan. Pemanfaatan logam ini biasanya untuk membuat simen dan baja berkualiti tinggi.

7. Kuningan
Kuningan merupakan sebuah aloi yang terbuat dari tembaga dan seng (lihat no. 17). Manfaatnya sangat banyak terjadi di bumi ini, yaitu untuk, barang-barang hiasan, sekrup, alat-alat muzik, dan paku-paku kecil.

8. Kupronikel
Merupakan aloi yang terbuat dari tembaga dan nikel yang digunakan untuk membuat wang logam berwarna perak.

9. Kromium
Kromium adalah logam yang memiliki warna abu-abu, dan mempunyai sifat yang keras. Sering digunakan untuk membuat baja tahan karat dan melapisi logam-logam lain untuk melindunginya dan memberi penampikan mengilap yang memantul.

10. Magnesium
Logam yang rigan berwarna perak keputih-putihan yang bila terbakar menghasilkan nyala api putih terang, logam ini digunakan dalam suar penyelamatan dan kembang api dalam aloi-aloi ringan.

11. Natrium
Natrium merupakan sebuah logam yang sangat reaktif. Memiliki sifat lunak dan berwarna putih keperakkan logam ini terdapat dalam garam dapur dan digunakan untuk lampu jalanan dan dalam industri kimia.

12. Perak
Perak adalah suatu logam yang mudah dibentuk, berwarna putih abu-abu yang merupakan konduktor panas dan listrik yang sangat baik. Logam ini digunakan untuk membuat perhiasan, peralatan perak ,dan film fotografi.


13. Perunggu
Merupakan sebuah aloi dari tembaga dan timah yang dikenal sejak zaman kuno. Aloi ini memiliki sifat tahan korosi dan mudah dibentuk. Di kebanyakan negara perunggu dimanfaatkan untuk membuat wang logam yang bernilai rendah.

14. Platina
Logam berwarna putih keperakan, yang mudah dibentuk, digunakan untuk membuat perhiasan, barang elektronik, dan sebagai katalisator.

15. Plutonium
Logam radioaktif yang dihasilkan dengan cara membombardir uranium dalam reaktor nuklier dan digunakan dalam senjata nuklier.

16. Raksa
Raksa merupakan logam berbentuk cairan yang berat. Logam cair ini memiliki warna putih keperakan , dan juga beracun. Digunakan dalam termometer, tapal gigi dan digunakan dalam beberapa bahan peledak.

17. Seng
Suatu logam putih kebiruan yang diambil dari mineral seng blende (sfarelit). Logam ini digunakan untuk melapisi besi agar tidak berkarat (disebut galvanisasi). Logam ini juga digunakan di bateri-bateri listrik tertentu dan dalam aloi-aloi seperti kuningan.

18. Solder
Suat aloi dari timah dan timbal yang memiliki titik lebur yang rendah dan digunakan untuk menyambungkan kabel-kabel dalam barang-barang elektronik.

19. Tembaga
Logam yang mudah dibentuk, berwarna kemerah-merahan yang digunakan untuk membuat kabel letrik, tangki air panas, dan aloi kuningan, perunggu, dan kupronikel.

20. Timah
Suatu logam yang lunak, mudah dibentuk, berwarna putih keperakan. Logam ini digunakan untuk menyepuh baja, guna menghentikan korosi dan dalam aloi perunggu, pewter (logam campuran timah dan timbal), dan solder.

21.Timbal
Logam berat berwarna biru keputih-putihan ,mudah dibentuk dan beracun, diambil dari mineral galena dan digunakan dalam bateri, atap, dan perisai radiasi dari sinar X.

22. Titanium
Suatu logam yang kuat, berwarna putih, dan mudah dibentuk. Logam ini sangat tahan terhadap korosi dan digunakan untuk aloi-aloi dalam pesawat luar angkasa, pesawat terbang, dan kerangka sepeda.

23. Uranium
Suatu logam putih keperakan, radioaktif yang digunakan sebagai sumber tenaga nuklier dan juga senjata nuklier.

24. Vanadium
Suatu logam yang keras, putih beracun, yang digunakan untuk meningkatkan kekerasan aloi-aloi baja. Sebuah senyawa vanadium digunakan sebagai katalisator untuk pembuatan asam sulfat.

25. Wolfram
Suatu logam yang keras, berwarna abu-abu keputihan. Logam ini digunakan dalam filamen lampu, dalam barang-barang elektronik dan dalam  aloi-aloi baja untuk membuat alat-alat pemotong bertepi tajam.

Demikian beberapa jenis logam yang biasa manusia gunakan samada dalam bidang perindustrian, persenjataan ataupun sebagai mata wang dan perhiasan.

Sumber: softilmu



Hasil tembaga

Wang Kertas, Syiling Dan EMAS

Suatu ketika dahulu dalam tahun 90an di zaman saya bersekolah rendah, bapa saya memberikan belanja sekolah kepada kami adik beradik seora...